back to top

Pertama Kali Menggunakan BPJS Kesehatan, Jasman Terkejut dengan Kualitas Pelayanan yang Luar Biasa

Jakarta | portaldesa.co.id – Tak terpikirkan oleh Jasman (60) bahwa dia akan mengalami perawatan di Rumah Sakit Muizzah, Kabupaten Indragiri Hulu, Riau karena vertigo. Sebagai karyawan PT Palma Satu, dia dirawat di ruang kelas II dengan didampingi oleh anak bungsu dan keponakannya.

Jasman mengaku ini adalah pengalaman pertamanya dirawat di rumah sakit, terutama dengan menggunakan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang disediakan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Nasional (BPJS) Kesehatan.

“Pada sekitar pukul 10 malam kemarin, keluarga membawa saya ke Rumah Sakit Muizzah ini. Ini pertama kalinya saya menggunakan JKN untuk berobat. Sebelumnya, saya hanya menggunakan JKN untuk perawatan saat batuk. Kali ini saya menggunakan JKN untuk vertigo. Saya tidak menyangka vertigo bisa menyebabkan pusing yang parah dan mual. Saya awalnya mengira itu adalah masalah lambung, ternyata gejala yang saya alami adalah vertigo,” ujar Jasman dalam keterangan tertulis pada Rabu (7/6/2023).

Meskipun ini adalah pengalaman pertama bagi Jasman, dia sangat terkesan dengan pelayanan yang diberikan oleh Rumah Sakit Muizzah. Dia menambahkan bahwa perawatan selama satu hari di rumah sakit memberikan kesan pertama yang sangat memuaskan karena kebersihan ruangan dan rasa seperti di ruangan VIP, meskipun dia terdaftar sebagai peserta JKN kelas II.

Berkat kedisiplinan perusahaan dalam membayar iuran JKN, Jasman dapat merasakan manfaat dari JKN dan mendapatkan perawatan dengan nyaman.

“Keberhasilan ini sungguh terasa. Bayangkan jika gaji saya dipotong untuk JKN tetapi perusahaan mengalami hambatan dalam pembayaran iuran, hal ini dapat berdampak pada karyawan yang membutuhkan perlindungan kesehatan seperti saya. Syukurlah perusahaan tempat saya bekerja rutin membayar iuran JKN dan tidak ada tunggakan. Oleh karena itu, ketika saya ingin memanfaatkan hak saya sebagai peserta JKN, saya bisa mengaksesnya tanpa kendala,” kata Jasman.

Jasman menjelaskan bahwa tidak ada biaya yang diminta oleh penyedia layanan kesehatan. Selain itu, dia tidak perlu membeli obat-obatan sendiri. Bahkan saat pendaftaran administratif, dia mengaku tidak diminta untuk melampirkan fotokopi dokumen apa pun, hanya perlu menunjukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

“Obat-obatan sudah disediakan lengkap untuk saya. Saat mendaftar di rumah sakit, saya tidak diminta untuk menyerahkan berkas fisik apa pun. Saya hanya diminta untuk menunjukkan NIK pada KTP. Semua proses berobat saya menggunakan JKN berjalan lancar. Saya ingin menceritakan pengalaman ini karena saya benar-benar merasakan kualitas pelayanan yang baik. Saya berharap agar masyarakat yang belum menjadi peserta JKN bisa mengetahui manfaat dari JKN ini,” terang Jasman.

Selain itu, Jasman juga berharap agar Program JKN terus berkembang. Dia berharap pelayanan kesehatan dapat ditingkatkan di semua fasilitas kesehatan, termasuk puskesmas, klinik, dan rumah sakit lain selain Rumah Sakit Muizzah. Jasman juga menekankan pentingnya peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) dan infrastruktur agar peserta JKN merasa nyaman, sehingga proses pemulihan dapat berjalan dengan baik dan cepat.

“Bagi peserta JKN lain yang sudah merasakan manfaatnya, jangan ragu untuk berbagi pengalaman. Kita perlu saling berbagi cerita seperti ini agar orang-orang yang belum tahu bisa mendapatkan pengetahuan dan pandangan yang lebih positif. Mungkin ada yang merasa tidak puas dengan pelayanan kesehatan yang diterima, tetapi saya yakin itu bukan gambaran keseluruhan dari pelayanan BPJS Kesehatan. Tidak ada yang sempurna, tetapi kita harus menyampaikan agar ada perbaikan di masa depan, baik untuk fasilitas kesehatan yang melayani peserta JKN maupun untuk BPJS Kesehatan itu sendiri,” tutupnya sambil tersenyum.(Rz)

Popular

spot_img

More from author

Bikin Jabar Makin Istimewa, Dedi Mulyadi Lakukan Rotasi dan Mutasi Besar-Besaran

Bandung | portaldesa.co.id - Lakukan rotasi dan mutasi besar-besaran di lingkungan Pemerintah Provinsi, Dedi Mulyadi Gubernur Jawa Barat rubah sejumlah Kepala Dinas, Kepala Badan,...

Ucapkan Selamat Mudik, Lurah Elin Imbau Warganya Untuk Tetap Menjaga Kondusifitas Lingkungan

Depok | portaldesa.co.id - Herliana Maharani (Elin) Lurah Kelurahan Depok Jaya, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok imbau warganya yang akan akan melaksanakan mudik saat...

Bupati Pemalang Paparkan Misi 100 Hari: Wujudkan Kota Resik, Hijau, dan Apik dalam Silaturahmi Ramadan

PEMALANG | portaldesa.co.id โ€“ Dalam suasana penuh keberkahan bulan Ramadan, Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Kabupaten Pemalang menggelar silaturahmi Ramadan di Masjid Al Mubarok,...

Ramadan Penuh Berkah, C.A.A.I.P Depok Kukuhkan Captain Dedy Susanto Sebagai Ketua Baru

Depok | portaldesa.co.id โ€“ Momentum Ramadan dimanfaatkan Corps Alumni Akademi Ilmu Pelayaran (C.A.A.I.P) Depok untuk mempererat jalinan silaturahmi dan memperkuat solidaritas antaranggota. Dalam suasana...